Anies Ajak Kepala Daerah Kompak Atasi Polusi

Penulis:   Yon Bayu Wahyono | Editor:  Yon Bayu Wahyono
oleh
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan memberikan sambutan Idul Adha di JIS. Foto: Ist

JAKARTA, Metasatu.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak para kepala daerah berkolaborasi mengatasi polusi udara yang berlebihan. Sebab tidak mungkin satu daerah sendirian mengatasi persoalan udaranya.

Terlebih sektor industri merupakan salah satu penyumbang polusi udara terbesar di Jakarta dan sekitarnya.

“Kondisi udara di Jakarta juga dipengaruhi oleh polusi yang dihasilkan oleh industri dari luar daerah lain,” ujar Anies usai sholat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/2022).

Anies menambahkan, kondisi demikian menjadi tantangan tersendiri bagi suatu wiilayah yang saling  berdekatan. ‘Ini menggambarkan bahwa udara di suatu wilayah tidak terlepas dari kondisi wilayah-wilayah yang lain karena udara dan angin tidak ber-KTP,” sambung Anies.

Anies pun mengingatkan agar semua pihak ambil bagian tanggung jawab.Jakarta bahkan telah bertindak tegas dengan mencabut izin lingkungan sebuah perusahaan yang mengotori udara. “Karena  konsekuensi dari udara yang tidak sehat (di daerah sekitar) itu dirasakan oleh semua termasuk kami yang di Jakarta,” kata Anies.

Sebelumnya, dalam sambutan Idul Adha, Anies mengucapkan terima kasih kepad jemaah  yang hadir di JIS untuk menunaikan shalat Idul Adha.

“Terima kasih kepada saudara-saudara yang memilih untuk hadir di tempat ini dan memilih untuk ikut melaksanakan Shalat Idul Adha di JIS,” kata Anies seperti dikutip dari Antara.

Diketahui, Pemprov DKI menyediakan sejumlah tempat sebagai alternatif warga melaksanakan shalat Idul Adha. Salah satunya adalah JIS seperti pada saat pelaksanaan shalat Idul Fitri 2022 lalu.

Anies juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendoakan warga yang sedang menjalani ibadah haji di tanah suci agar diberikan kesehatan, dimudahkan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah saat ibadah haji dan Insya Allah mereka akan kembali sebagai hadiah.

“Saya pun mendoakan dan berharap seluruh warga DKI Jakarta yang menunaikan shalat Idul Adha tetap diberikan kesehatan dan perlindungan,” ujar Anies.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.