500 Liter Minyak Goreng Kemasan Habis di Pembukaan Pasar Ramadhan Kuripan

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita Fetty Utami
oleh
Banner selamat datang di Pasar Ramadhan desa Kuripan. foto: Gita FU

CILACAP, Metasatu.com —  Pasar Ramadhan Kampung KB Dahlia DesaKuripan Kecamatan Kesugihan resmi dibuka Jumat sore (8/4/2022). Pasar  yang menjadi penanda geliat ekonomi setelah pandemi ini diisi oleh warga Kuripan sendiri. Mereka mendirikan belasan stan secara mandiri, di pinggir Jalan Kendeng di sekitar Balai Desa. Pihak Desa tidak mengutip uang kas dari warga yang berjualan. Sebaliknya, PemDes memfasilitasi warga dengan memajang materi promosi.

Kepala Desa Kuripan Heni Hernafianto, S.Pt menyatakan pasar ini menjadi ajang warganya meraih tambahan penghasilan, utamanya di bulan Ramadhan.

“Ini yang pertama kalinya semenjak pandemi 2 tahun lalu. Warga juga terlihat antusias,” tuturnya pada Metasatu, saat ditemui usai acara pembukaan.

Pada momen pembukaan Pasar Ramadhan, pihak Desa ikut meramaikan dengan membuka stan penjualan minyak goreng kemasan satu liter. Mulanya minyak tersebut dibanderol Rp 24.000 per liter. Namun kemudian salah seorang warga bernama Sono mensubsidi Rp 4.000 tiap liter. Sehingga otomatis harga jual minyak goreng kepada warga menjadi Rp 20.000 saja. Alhasil warga segera datang menyerbu. Demi pemerataan tiap warga mendapat jatah dua liter saja.

“Total 500 liter minyak yang kami jual, dan semua sudah habis dalam waktu singkat. Berkat subsidi Pak Sono dari BRC ini,” ungkap Kades Heni.

Metasatu memperoleh informasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Susianti, mengenai sosok Sono.

“Dia itu youtuber, Mbak. Ceritanya dia ingin berbagi pada warga desanya sendiri, karena baru mendapat penghasilan dari Youtube,” tutup Susianti. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.