500 Lapak UMKM Meriahkan CFD Cilacap

Penulis:   Gita Fetty Utami  | Editor:  Gita FU
oleh
Beberapa stand UMKM di kegiatan CFD Cilacap. Foto: GFU/ist

CILACAP, Metasatu.com — Setelah mandeg 2 tahun akibat pandemi, Pemerintah Kabupaten Cilacap membuka kembali event Car Free Day di Alun-alun Cilacap, Minggu (12/6/2022).

Antusiasme masyarakat begitu tinggi, terbukti dari jumlah lapak yang tembus angka 500. Rinciannya adalah, 400 stand kuliner, 100 stand non kuliner, 40 stand OPD Cilacap, 40 stand permainan, dan 40 stand milik sponsor.

Acara yang dibuka resmi oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji ini turut menghadirkan sejumlah pertunjukan budaya tradisional maupun modern. Antara lain pertunjukan Tari Beksan Wanara oleh Sanggar Seni Bangkit (Jalan Sendang Sari Timur, Donan), dan Tari Megat-Megot dari Padepokan Tari Giyan Lakshita.

Ada pula pertunjukan fashion dance dari Studio Askarya Pro (Jalan Serayu, Donan), pertunjukan tari dari Ikatan Langkah Dansa Indonesia cabang Cilacap, serta pertunjukan pencak silat PSH Pilang Bango oleh sekelompok siswa SMP Al Azhar 15.

Selain itu sekelompok finalis Kakang Mbekayu 2022 hadir dan berbaris rapi di dekat dua tenda para pejabat serta Forkopimda Kabupaten Cilacap.

Secara terpisah, Bupati Tatto menyambut baik pembukaan perdana CFD usai pandemi.
Menurutnya usaha ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tatto juga berpesan agar selalu menjaga kesehatan tubuh, serta mempertahankan patok-patok budaya lokal.

Lokasi CFD adalah alun-alun (Jalan Jend. Sudirman) serta sepanjang jalan Jend A. Yani Cilacap. Namun melihat tingginya minat masyarakat untuk berpartisipasi, ada usulan perluasan area CFD.

“Masih usulan, ketika area CFD sampai pertemuan Jalan Jend. Sudirman dan S. Parman,” terang Danarif Budiman Koordinator Event, pada Metasatu.

Ketua Asosiasi UMKM Suwaryan menyatakan bahwa peserta UMKM yang berjualan di CFD telah membayar biaya registrasi Rp 50.000 dan menyerahkan data diri berupa fotokopi KTP.

“Peserta cukup bayar sekali saja
Nanti untuk bulan berikutnya cukup bayar biaya operasional saja. Besarnya berapa, masih dibahas lagi. Mungkin 10 ribu. Tunggu pembahasan lanjutan,” katanya pada metasatu.

Kegiatan Car Free Day ini selanjutnya akan menjadi agenda rutin setiap hari Minggu.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.